Jawaban Quiz PTI
1. Asal – Usul Komputer
Komputer berasal dari bahasa Latin yaitu : computāre (dalam bahasa inggris = to compute ), yang artinya “menghitung”.
Sejarah Komputer dibagi menjadi 2 masa, yaitu sebelum tahun 1940, dan sesudah tahun 1940.
Pada dasarnya komputer sudah ditemukan sekitar 2400 SM, yaitu yang kita kenal dengan ABACUS (ditemukan di Babylonia – Iraq ), serta SEMPOA yang dipakai sekitar 300 SM di Cina. Namun setelah sekian lama penggunaan ABACUS / SEMPOA ini , pada tahun 1614 John Napier membuat sebuah alat yang dinamakan Napier’s Bone. Kemudian Blaise Pascal pula menciptakan mesin hitung mekanikal pertama pada tahun 1642 yang beroperasi dengan cara menggerakkan gear pada roda yang dinamakan dengan mesin Pascaline. Untung tahun 1801 penenun Prancis Joseph Marie Jacquard menemukan alat tenun Jacquard yang bekerja sesuai kode perintah berupa lubang-lubang di Punched Card. Jarum akan lolos jika mendapati lubang, tapi tak bisa mengaitkan benang bila permukaan kartu rapat. Alat itu mengilhami penemu dan matematikus Inggris, Charles Babbage untuk mengembangkan komputer mekanis atau mesin analitis yang punya semua elemen dasar komputer otomatis, yang dinamakan dengan Difference Engine.
Kemudian Howard Aiken memperkenalkan penggunaan mesin elektromekanika yang disebut "Mark 1" pada tahun 1937;elektronik dan mekanikal. Mesin ini dapat menyelesaikan masalah fungsi-fungsi trigonometri di samping perhitungan-perhitungan yang telah dilakukan mesin-mesin sebelum ini. Maka dimulai masa inilah komputer elektronik mulai dikembangkan.
Generasi ke-I
Pada tahun 1945 diperkenalkan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer), yaitu komputer pertama kali yang menggunakan komponen elektronik, Mesin berbobot lebih dari 27 ton itu butuh ruangan 140 meter persegi.Untuk beroperasi di perlukan listrik 150 kilowatt, setara dengan pasokan listrik untuk kompleks kecil berisi 65 unit rumah menengah. Komputer yang sebesar rumah ini 1.000 kali jauh lebih cepat daripada Mark I.Ia bisa melakukan 5.000 penjumlahan dan 1.000 perkalian perdetik. Eckert dan Muchlay lalu bekerja sama dengan matematikus Amerika kelahiran Hungaria, John Von Neuman.Hasilnya, pada tahun 1951 mereka merancang Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), yang mempengaruhi desain komputer generasi berikutnya.Ditahun itu pula, mereka membangun komputer yang lebih maju, Universal Automatic Computer (UNIVAC), yang jadi komputer komersil pertama.
Generasi ke-II
Berkat temuan transistor tahun 1947, muncul komputer yang sepenuhnya bertransistor karya insinyur Amerika, Seymour Cray tahun 1958 yaitu diberi nama dengan CDC 1604.
Generasi ke-III
Lalu ditemukanlah IC (Integrated Circuit) pada tahun 1958 oleh Jack Kilby dari Texas Instruments. Yang merupakan kumpulan2 dari transistor dalam 1 keping Chip. Sehingga pada tahun 1964 perusahaan IBM menggunakan integrated circuit dengan komputernya IBM System/360.
Generasi ke-IV
Kemudian pada tahun 1971 Intel Corporation merelease chip pertamanya yang merupakan CPU penuh dalam 1 chip tersebut, yang dinamai Intel 4004, yang juga dikenal dengan Intel’s First Microprocessor.
Dimulai dari tahun 1971, semakin banyak digunakannya Integrated Circuit dalam pembuatan processor dan juga pembuatan komponen komputer itu sendiri. Pada tahun 1976 dibuatlah Personal Computer yang “pertama” yang dinamakan Apple I.
Dengan adanya Personal Computer, maka perkembangan mikroprosesor, maupun komputer itu sendiri semakin meningkat. Ditambah lagi dengan adanya Moore’s Law. Yang menyatakan bahwa jumlah transistor dalam Integrated Circuit akan meningkat 2kali lipat setiap dua tahun.
Generasi ke-V
Dimulai dari tahun 1995 hingga sekarang ini, telah banyak perubahan yang terjadi dalam komputer, dimulai dengan Software-software yang berkembang semakin banyak dan cepat, juga komponen-komponen komputer yang semakin di perkecil lagi, terutama Prosesornya. Sehingga sangat banyak perbedaan yang kita rasakan dalam 1 dekade terakhir ini.
Dengan berkembangnya Software Sistem Operasi : Windows, Linux, Mac OS, dan lainnya. Serta perkembangan Prosesor Komputer : Pentium I, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Intel Dual Core, Intel Core 2 Duo, Intel Core 2 Quad. AMD K5, AMD K6, AMD K7 (Athlon), AMD Athlon XP, AMD K8 (Athlon 64), AMD K9 (Athlon 64 X2), AMD K10 (Phenom X3, Phenom X4). Selain itu perkembangan Prosesor tersebut tidak hanya terjadi peningkatan dalam hal Kecepatannya, namun sekarang bahkan telah dibuat Banyak Inti dalam 1 Prosesor, atau yang kita kenal dengan Dual Core atau X2 untuk 2 inti dalam 1 Prosesor, Quad Core atau X4 untuk 4 inti dalam 1 Prosesor, bahkan sedang dikembangkan Prosesor dengan inti lebih dari 4, atau disebut juga Multi-Core.
2. Tujuan Teknologi Informasi dan Fungsi Teknologi Informasi
Tujuan Teknologi Informasi adalah untuk memecahkan masalah, untuk membuka kreativitas, dan untuk meningkatkan efektivitas danefisiensi dalam melakukan pekerjaan, sehingga dalam mengerjakan pekerjaan menjadi lebih cepat, efektif dan efisien.
Fungsi Teknologi Informasi
Ada 6 fungsi dari Teknologi Informasi :
1. Menangkap (Capture)
Mengkompilasikan catatan – catatan rinci dari aktivitas – aktivitas. Misalnya menerima inputan dari keyboard, scanner, mic, dsb.
2. Mengolah (Processing)
Mengolah/memproses data masukan yang diterima untuk menjadi informasi. Pengolahan/pemrosesan data dapat berupa mengkonversi(mengubah data ke bentuk lain), menganalisis (analisa kondisi), menghitung (kalkulasi), mensintesis (penggabungan) segala bantuk data dan informasi.
• Data processing : memproses dan mengolah data menjadi suatu informasi.
• Information Processing : suatu aktivitas computer yang memproses dan mengolah suatu tipe/bentuk dari informasi dan merubahnya menjadi tipe/bentuk yang lain dari informasi.
• Multimedia system : suatu system komuter yang dapat memproses berbagai tipe / bentuk dari informasi secara bersamaan (simultan).
3. Menghasilkan (Generating)
Menghasilkan atau mengorganisasikan informasi ke dalam bentuk yang berguna. Misalnya laporan-laporan, table, grafik, dsb.
4. Menyimpan (Storage)
Merekam atau menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan untuk keperluan lainnya. Misalnya : simpan ke harddisk, tape, disket, CD, dsb.
5. Mencari kembali (Rertrival)
Menelusuri, mendapat kembali informasi atau mengkopi (Coy) data dan informasi yang sudah tersimpan. Misalnya mencari kembali supplier yang sudah lunas, dsb.
6. Men-Transmisi(Transmission)
Mengirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi lai melalui jaringan komputer. Misalnya mengirimkan data penjualan dari user A ke user lainnya, dsb.
3. SIKLUS PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI
Analisa Kebutuhan Bisnis atau Manajemen Perusahaan (Business Requiremenets Analysis).
Ada dua tujuan utama dari langkah awal ini :
a. Untuk mengetahui posisi atau peranan TI
b. Untuk mendefinisikan secara rinci jenis-jenis information yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan baik secra taktis maupun strategis.
Perencanaan strategis dibidang pengembangan TI (Information Technology Strategic Planning).
Outputnya berupa blue print rencana pengembagan sisfo untuk jangka pendek, menengah, panjang.Juga disusun teknik-teknik terkait bagi implementasi proyek tersebut.
Manajemen Proyek (Information Technology Project Management)
Secara garis besar ada tiga jenis proyek yang mendominasi perusahaan di Indonesia.
1. Segala macam proyek yang berkenaan dengan konstruksi fisik infrastruktur TI; instalasi kabel, pengadaan komputer, sampai dengan pembangunan jaringan komputer (LAN) atau WAN.
2. Implementasi dari paket perangkat lunak yang dibeli perusahaan.
3. Pengembangan perangkat lunak aplikasi oleh SDM internal perusahaan (in-house custom development)
Manajemen Pemeliharaan Sistem (Maintenace Supports DanService)
Review Efektifitas Sistem Informasi (Information System Effectiveness Review)
4. Alat Input dan Jenis-jenisnya.
Input memiliki 2 pengertian, yaitu :
• Data dan informasi yang dimasukkan ke dalam komputer.
• Proses memasukkan data dan informasi ke dalam komputer untuk diproses, disimpan, dipanggil kembali, atau ditransmisikan.
Peralatan Input (Input Device) adalah alat – alat yang digunakan untuk proses memasukan data/informasi ke dalam komputer, sehingga memungkinkan adanya interaksi langsung antara user/pengguna dengan sistem komputer.
Jenis Alat Input :
• Keyboard
Merupakan peralatan input yang terdiri dari tombol – tombol huruf, angka, dan karakter lain yang tersusun pada suatu papan berbentuk persegi panjang dan digunakan untuk memasukkan data ke komputer.
Gambar Keyboard
• Pointing Device
Merupakan peralatan input yang dapat digerakkan dan dapat memiliki petunjuk (pointer).
Pointing Device terdiri dari :
o Mouse
Peralatan input yang berbentuk kecil. Mempunyai bagian yang bias diklik /ditekan dengan jari, pada bagian bawahnya terdapat sebuah bola magnetic yang kecil yang berfungsi untuk mengerakkan pointer.
Gambar Mouse
o Pointing Stick
Peralatan input yang berbentuk seperti pena/tongkat kecil, digunakan untk menulis sesuatu pada screen atau layar di notebook tertentu.
o Trackball
Peralatan input yang mirip dengan mouse. Terdapat bola kecil pada bagian permukaannya. Di mana bola kecil tersebut dapat diputar/digerakkan dengan jari untuk mengerakkan pointer.
Gambar Trackball
o Joystick
Peralatan input yang terdiri dari beebrapa tombol khusus penunjuk arah (kiri, kanan, atas, bawah, dsb) utnuk mengontrol gerakan pada permainan game komputer.
Gambar Joystick
o Touch Screen
Peralatan input yang berfungsi juga sebagai monitor, digunakan dengan cara menekan langsung menu – menu yang ada di screen/layer.
Gambar Touch Screen
o Light Pen
Peralatan input yang berupa pena elektronik, di mana digunakan untuk menulis sesuatu di layar/screen atau pada tatakan (tempat menulis) yang tersedia.
Gambar Light Pen
o Digitizing Tablet
Peralatan input yang dilengkapi dengan kertas bergambar khusus dan pena elektronik, dapat mentransferkan gambar yang dibuat pada kertas khusus tersebut ke komputer secara langsung.
Gambar Digitizing Tablet
• Terminal
Adalah gabungan dari keyboard dan layar monitor, yang dapat menerima input data dan ditampilkan ke layar monitor.
Gambar Terminal
Ada 3 macam terminal, yaitu :
o Dumb Terminal
Yaitu terminal yang tidak mempunyai kemampuan melakukan proses data, karena tidak memiliki unit komtrol dan unit aritmatika/logika. Dumb terminal hanya bisa menerima data dari keyboard dan menampilkan data/informasi dari remote computer (komputer pusat) yang terhubung dengannya, serta dapat mengirimkan data/informasi ke remote computer. Contoh : PC yang terhubung dengan AS 400, berfungsi sebagai Dumb Teminal.
o ATM
Yaitu terminal yang dapat melakukan proses – proses lain selain menerima input dan menampilkan data. ATM disebut juga sebagai intelligent terminals. ATM biasanya sering digunakan oleh bank – bank untuk pernarikan cash, transfer uang atau pembayaran rekening tertentu, pengambilan tiket, tanda parker, dsb.
o POS (Point of Sales) Terminal
Yaitu terminal yang dilengkapi dengan komponen speseial seperti tombol – tobol numeric yang mirip dengan kalkulator. POS terminal banyak digunakan di toko – toko grosir/departement store, untuk membantu user mempercepat entry transaksi.
• Optical Reading Device (Scanner)
Adalah peralatan input yang dapat mentranformasikan data/informasi tertulis/tercetak ke dalam computer secrang langsung seperti gambar – gambar, tulisan/huruf, peta, dsb. Scanners banyak digunakan di berbagai bidang seperti periklanan, pendidikan, industri, dsb.
Jenis – jenis scanners :
o OCR (Optical Character Recognition)
Scanner yang dapat membaca data dari kertas.
o OMR (Optical Mark Reader)
Scanner yang dapat membaca/menerima data dari bagian yang sudah dihitamkan (dimark) pada kertas/form khusus.
o Barcode Reader
Scanner yang dapat membaca data dari kode-kode special yang tertera pada suatu produk. Kode special itu direpresentasikan dengan garis-garis hitam vertical.
Gambar Barcode Reader
o Handprint Reader
Scanner yang dapat membaca data dari tulisan tangan atau sidik jari untuk diproses
Gambar Handprint Reader
o Image Scanner
Scanner yang dapat membaca gambar-gambar atau peta
Gambar Scanner
• Magnetic Reading Device (MRD)
Yaitu Peralatan input yang dapat membaca sumber data yang bersifat megnetik.
Jenis MRD :
o Magnetic Ink Character Recognition (MICR)
Peralatan input yang dapat membaca karakter yang dicetak dengan tinta magnetik. Contoh : MRD untuk membaca cek giro.
Gambar Magnetic Ink Character Recognition
• Digital Camera
Peralatan input yang dapat mendeteksi dan mentransformasikan gambar/object secara langsung ke komputer.
Gambar Digital Camera
• Voice and Sound Input
Peralatan input yang dapat mendeteksi dan mentransformasikan bunyi dan suara ke dalam komputer.
Gambar Voice Input Station
• Touch Tone Input Devices
Peralatan input yang dapat mendeteksi dan mentransformasikan nada tekanan ke dalam komputer.
• Multimedia Audio Device (MAD)
o Televisi
Suatu alat yang dapat menayangkan program-program televisi melalui komputer.
o Video Cassette Recorder (VCR)
Suatu alat yang dapat membaca dan menerima (Capture) tampilan video melalui kaset tape video.
Gambar Video Cassette Recorder (VCR)
o Video Camera
Suatu alat yang dapat merekam gambar/object bergerak dan dapat dihubungkan ke computer lewat port penghubung.
Gambar Video Camera
5. Soft Copy dan Hard Copy
Hard copy device berupa alat yang digunakan untuk mencetak tulisan (kata, angka, karakter khusus dan simbol2) serta image (grafik atau gambar) pada media hard (keras) spt kertas atau film
Jadi Hard copy merupakan hasil / media yang dijadikan keluaran dari Hard copy device, contoh : Buku, Majalah, Makalah, Koran.
Soft copy device berupa alat yang digunakan untuk mencetak tulisan (kata, angka, karakter khusus dan simbol2) serta image (grafik atau gambar) pada media soft (lunak) berupa signal elektronik
Jadi Soft copy merupakan hasil keluaran dari Soft Copy device, biasanya dalam bentuk file yang ditampilkan di monitor.
6. Sistem Komputer
Komponen pada sistem komputer adalah :
Unit pemroses Mengendalikan operasi komputer dan melakukan fungsi pemrosesan data, yang terdiri dari ALU, CU, Register.
Main memory Menyimpan data dan program, dan bersifat volatile.
Perangkat masukan dan keluaran Memindahkan data antara komputer dan lingkungan eksternal.
Interkoneksi antar kompone Struktur dan mekanisme yang menghubungkan antara pemroses-main memory-perangkat masukan dan keluaran. Unit Pemroses
Pemroses (CPU) merupakan otak dari sistem komputer, berfungsi mengendalikan operasi komputer didalam pemrosesan data, menghitung, operasi logik dan mengirim data dengan membaca instruksi dari memori dan mengeksekusi.
Didalam proses eksekusi, CPU menggunakan Clock (membangkitkan pulsa ke pemroses) dengan melakukan kerja yaitu mengambil instruksi yang dikodekan secara biner dari main memory, kemudian men-dekode instruksi menjadi aksi-aksi sederhana lalu melaksanakan aksi-aksi. Aksi-aksi disini seperti operasi aritmatika, logika dan pengendalian
Memori
Tempat menyimpan data dan program pada sistem komputer yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu :
A. Main Memory
Memori utama yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
-Register dan Buffer (terdapat didalam CPU)
-ROM (Read Only Memory) : BIOS, EPROM
-RAM (Random Access Memory) :
-SRAM (Static RAM) :
-Internal Cache Memory
-External Cache Memory
-DRAM (Dynamic RAM) :
-FPM (First Page Memory)
-EDO (Extend Data Out)
-SDRAM (Syncronous Dynamic)
-DDR (DoubleDate RAM)
-RAMBUS
B. Secondary Memory (Storage Devices)
Memori penunjang yang dibagi menjadi 2 bagian yaitu :
- Sequential Access : Magnetic Tape
- Random Access : Disket, Harddisk, Compact Disc, Digital Versatile Disk (DVD).
Perangkat Masukan/ Keluaran
Perangkat ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
Perangkat Masukan Perangkat yang berfungsi sebagai masuknya data pada komputer untuk diproses.
Perangkat Keluaran Perangkat yang berfungsi sebagai keluar/ tampilnya data yang telah diproses oleh komputer.
Perangkat Pengendali Perangkat yang dikendalikan oleh chip controller yang mengatur masuknya data dan keluarnya data dari komputer ke peripheral.
Interkoneksi Antar Komponen
Interkoneksi antara CPU, memori dan perangkat masukan dan keluaran dihubungkan oleh BUS, yang dibagi menjadi :
Address Bus Jalur yang digunakan untuk pengalamatan dari CPU ke Memori atau port, secara pararel (16, 20, 24) dengan jumlah lokasi memori yang dapat dialamati 2N (N adalah jumlah jalur alamat).
Data Bus Jalur yang digunakan untuk data-data yang dibaca/ ditulis oleh CPU kemudian dikirim/ diterima dari/ke memori maupun port I/O. Dan data bus terdiri dari jalur pararel (8, 16, 32, 64).
Control Bus Jalur yang digunakan untuk mengirim sinyal-sinyal kendali untuk memerintahkan kepada memori untuk membaca/ menulis, pembacaan I/O. (Memory Read/Write, I/O Read/Write). Pada jalur ini berisi 4 ¨C 10 jalur sinyal secara pararel.
Eksekusi Instruksi
Didalam sistem komputer, pemrosesan eksekusi instruksi dibagi menjadi dua tahap :
Pemroses membaca instruksi dari memori, disebut Fetch
Pemroses melaksanakan instruksi, disebut Execut Pemrosesan satu instruksi disebut Instruction Cycle
7. Pengolahan Data
Pengolahan Data adalah Segala macam pengolahan terhadap atau kombinasi dari bermacam-macam pengolahan terhadap data untuk membuat data itu berguna sesuai dengan hasil yang diinginkan, sehingga dapat segera dipakai, yaitu berupa suatu informasi.
Siklus Pengolahan Data
Sistem komputer memiliki siklus pengolahan yang pasti. Siklus pengolahan itu sendiri mengacu kepada makna dari arti komputer itu sendiri. Ada tiga pokok dalam siklus pengolahan data dengan menggunakan komputer tersebut, yaitu input, proses, dan output. Sedangkan untuk proses sendiri, pemroses dibantu oleh beberapa bagian lain, yaitu program serta penyimpan (storage).
Input
Merupakan aktifitas pemberian data kepada komputer, dimana data tersebut merupakan masukan bagi komputer. Agar data dapat diterima oleh komputer dengan baik, komputer memiliki peralatan yang berfungsi untuk hal ini, yang disebut dengan input device .
Jika dianalogikan dengan manusia, manusia juga memiliki input device ini, diantaranya adalah mata, telinga, syaraf-syaraf, dan lain-lain. Masing-masing input device tentu berfungsi spesifik terhadap bagaimana informasi tersebut dapat diterima oleh manusia. Misalnya mata, mata digunakan sebagai input defice untuk melihat, lalu data hasil penglihatan tersebut dikirimkan ke otak untuk diproses lebih lanjut, diabaikan atau informasinya disimpan di dalam ingatan.
Pada komputer, input device ini juga bermacam-macam, tergantung bagaimana proses input tersebut dilaksanakan. Bermacam-macam input device yang digunakan oleh komputer, contohnya adalah keyboard untuk mengetikkan informasi, pembaca kode batang pada transaksi di supermarket, kamera untuk menangkap gambar, dan lain sebagainya. Masukan yang didapatkan oleh input device tersebut informasinya dikirimkan ke pemroses (otaknya komputer) untuk diproses lebih lanjut, diabaikan atau informasi tersebut disimpan dalam media penyimpanan.
Proses
Setiap masukan yang disampaikan kepada komputer akan masuk ke pemroses, pemroses ini dikenal juga dengan nama processor . Pemroses ini bisa disebut dengan otaknya komputer.
Pemroses ini akan menentukan akan diapakan informasi yang masuk tersebut. Jika diolah lebih lanjut, maka data tersebut diolah sesuai dengan ketentuan yang telah disusun sedemikian kedalam otak komputer. Ketentuan yang telah disusun ini adalah instruction set. Instruction set ini merupakan format baku perintah yang dapat dilaksanakan oleh pemroses. Pemroses memiliki hubungan dengan media input, program, storage serta media output. Masing-masing akan dikontak oleh pemroses sesuai dengan tugasnya masing-masing.
Pemroses ini hanya berfungsi untuk menjalankan perintah yang diterimanya dari program. Tindak lanjut dari masing-masing perintah, katakanlah menampilkan data terebut ke monitor atau ke printer, maka pemroses akan mengirimkan lagi hasil olahannya ke media yang dituju. Dengan mengirimkan data ke media yang dituju, maka berarti pemroses menyerahkan tugasnya kepada media tersebut sambil mengirimkan data-data yang diperlukan oleh media yang dituju serta instruksi yang diminta untuk dilaksanakan oleh media yang dituju itu tadi.
Bus
Bus merupakan jalur penghubung antar alat pada komputer yang digunakan sebagai media dalam proses melewatkan data pada suatu proses. Bus ini bisa dianggap sebagai sebuah pipa, dimana pipa atau saluran tersebut digunakan untuk mengirimkan dan menerima informasi antar alat yang dihubungkannya. Pada sistem komputer, bus ini termasuk perangkat internal, kecepatan pengiriman informasi melalui bus ini dilakukan dengan kecepatan tinggi.
Program
Program merupakan kumpulan instruction set yang akan dijalankan oleh pemroses, yaitu berupa software. Bagaimana sebuah sistem komputer berpikir diatur oleh program ini. Program inilah yang mengendalikan semua aktifitas yang ada pada pemroses. Program berisi konstruksi logika yang dibuat oleh manusia, dan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa mesin sesuai dengan format yang ada pada instruction set.
Storage
Dalam menjalankan proses, selain proses diatur oleh program, pemroses juga memiliki akses ke media penyimpan yang disebut dengan storage. Storage ini berfungsi untuk menyimpan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi pemroses, baik untuk penyimpan sementara maupun untuk jangka panjang. Pemroses melakukan tugasnya sesuai dengan kendali yang ada pada program. Proses untuk mengambil data atau menyimpan data pada storage ini dilaksanakan oleh pemroses sesuai dengan perintah yang diterima pemroses dari program yang sedang ia jalankan.
Output
Merupakan aktifitas menerima data dari hasil pengolahan pada bagian pemroses. Jika terdapat data pada aktifitas output ini, berarti pemroses menyerakan tugas selanjutnya kepada bagian ini. Tentu saja pada bagian ini diperlukan juga peralatan yang bekerja, dimana peralatan terebut disebut dengan output device. Jika kita kembali ke analogi manusia, output device ini contohnya adalah tangan, dimana tangan berfungsi untuk menuliskan informasi yang diminta oleh otak. Pada komputer contoh output device ini adalah printer (pencetak). Ketika data output dari pemroses diterimanya maka printer akan melaksanakan tugas yang diterima dari pemroses tadi.
Jumat, 24 Oktober 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar